------------------------------- ---------------------------------- ---------------------------------

Friday, October 21, 2011

Biogas dari kotoran manusia

~ Dengan Biogas Kita Perangi Pemanasan Global

Biogas Toilets to Stop Global Warming


Sebuah artikel berjudul Human waste can help save planet: Indian expert menceritakan bagaimana kotoran manusia dapat menyelamatkan bumi kita dalam mengurangi dampak pemanasan global. Beneran nihh?? Human waste? Ya.. itu berarti urine dan tinja teman-teman semua.
Pasti teman-teman semua tahu benar apa itu biogas. Biogas ialah gas yang terbentuk dari hasil dari kotoran (tinja) ternak yang kemudian digunakan sebagai bahan bakar kompor yang saat ini mulai diterapkan di desa-desa Indonesia. Apa teman-teman semua pernah membayangkan bahwa manusia juga bisa berkontribusi menghasilkan biogas? Atau pernah terlintas dalam benak teman-teman semua bahwa senyawa komoditi industri (NH3) terkandung dalam jumlah yang besar pada urine yang teman-teman keluarkan?
Telah diperkenalkan sebuah sistem yang dapat mengubah kotoran manusia menjadi biogas dan pupuk sehingga dapat berkontribusi dalam mengurangi pemanasan global. Bindeshwar Pathak, pendiri Organisasi Sulabh International Social Service, berencana mengemukakan sistem tersebut pada perayaan World Toilet Summit ke-7 di New Delhi India akhir bulan Oktober ini. Para pakar kesehatan dan sanitasi dari 40 negara akan mendiskusikan hal ini dalam rangka membantu 2.6 miliar penduduk dunia yang kurang memahami pentingnya toilet. Menurut World Health Organization, lebih dari setengahnya itu tinggal di India atau China. Rencananya sepanjang milenium ini adalah menyediakan toilet kepada 2.6 miliar penduduk di dunia sampai akhir tahun 2025.
Pathak mengemukakan betapa pentingnya sebuah toilet bagi keselamatan bumi dari global warming. Sementara, India sendiri akan memberikan kontribusi berupa sistem toilet yang secara organik akan mengubah kotoran manusia menjadi senyawa biogas yang dapat dijadikan tenaga listrik atau bahan bakar untuk memasak. Sedangkan cairan urine dari manusia dapat dijadikan berbagai macam pupuk.
We want others to know about this technology,” tandas Pathak.
Ia bahkan menegaskan bahwa telah terbentuk sebanyak 170 biogas toilets dan 5 diantaranya telah berhasil diimplementasikan di Kabul, Afghanistan.
Baru-baru ini Wherever The Need mengunjungi Desa Madhuranthaganallur, 40 kilometer di selatan Kota Tamil Nadu di Provinsi Tamil Nadu, India. Madhuranthaganallur merupakan salah satu dari ribuan desa yang terkena dampak musibah tsunami Aceh beberapa tahun yang lalu. Pasti teman-teman semua sudah tahu kan bahwa dampak tsunami Aceh yang dahsyat itu mencapai India dan sekitarnya. Dalam proses rehabilitasi desa dan pembangunan kembali, Desa Madhuranthaganallurmelakukan pembangunan biogas toilet dimana limbah toilet tersebut dimanfaatkan untuk diolah menjadi methane (CH4) yang kemudian digunakan sebagai bahan bakar memasak oleh masyarakat setempat.
Biogas 2Biogas 3Pump FittingBiogas TankBiogas Toilet
Teman-teman semua akan sedikit geli membayangkan memakan makanan hasil masakan kompor bebahan bakar biogas produk MANUSIA. Tapi pada hakikatnya itu hanyalah persepsi belaka. Toh rumus senyawa kimianya sama.. Sumbernya saja yang berbeda.. Rasa makanannya juga pasti sama.. Hehehe.. We’ll see.. Yahh.. berharap saja biogas toilets ini benar-benar mampu mengurangi dampak pemanasan global..
Sumber: Human waste can help save planet: Indian expert, Wherever The Need

No comments:

Post a Comment