------------------------------- ---------------------------------- ---------------------------------

Tuesday, October 25, 2011

Merawat Kompor Gas


Tips Merawat Kompor Gas


Kompor gas satu tungku
Sejak konversi pemakaian minyak tanah menjadi gas oleh pemerintah kita, tentunya penjualan kompor gas berikut aksesoriesnya ikut melonjak naik secara signifikan. Berbagai macam model dan merek bisa kita temui di pasaran seperti Rinnai, Hitachi, Miyako, Sanken, Quantum, dll.
Mungkin masih banyak dari para wanita lajang atau ibu-ibu rumah tangga yang belum mengetahui cara perawatan kompor gas beserta aksesorisnya secara baik dan benar. Berikut ini saya bagikan sedikit tipsnya agar pemakaian kompor tersebut bisa awet dan tahan lama:
¤ SELANG GAS, cabut dahulu kepala selang (regulator) yang terpasang di tabung gas juga pada bagian belakang kompor. Lalu bersihkan seluruh permukaan selang tersebut dengan lap basah untuk mengetahui apakah ada kebocoran atau retak pada selang.

¤ KEPALA TUNGKU API, bersihkan dan rendam di air cuka secukupnya selama -/+ 1 jam agar tampilan kepala tungku bisa kuning mengkilat seperti baru lagi.
¤ CORONG API (burner), lepaskan kawat pengikat corong api dari kompor dan bersihkan dengan sikat gigi bekas sampai ke semua sela corong tersebut untuk menghilangkan noda minyak yang tumpah (saat memasak) agar api bisa kembali biru seperti semula. Bila api dibiarkan kuning, otomatis memasak akan lebih lama dan pemakaian gas menjadi semakin boros.

¤ PEMANTIK API, setelah corong tadi dilepas pasti akan terlihat ada pemantik, setelan besar kecilnya api kompor dan juga lubang kecil saluran gas (spuyer). Bersihkan saja pemantik tersebut bila berkarat supaya kinerjanya tetap stabil, dan gunakan jarum jahit atau korek kuping untuk membersihkan spuyer tersebut agar kotoran yang menghambat keluarnya aliran gas bisa terkikis.
¤ TOMBOL KOMPOR, letaknya jelas di depan sebagai on off api kompor. Biasanya tombol tersebut gampang dicabut, dan bersihkan semua noda minyak yang juga menumpuk dibaliknya. Karena jika dibiarkan maka noda tadi akan merembet ke spuyer (posisinya dibalik tombol).
¤ KOMPOR GAS, cuci saja dengan air sabun agar kompor terawat dan tidak cepat berkarat. Tentunya setelah aksesoris tadi sudah dilepas semua.
Demikian, semoga tips ini bermanfaat untuk anda yang belum mengetahuinya. Selamat memasak.

No comments:

Post a Comment