------------------------------- ---------------------------------- ---------------------------------

Friday, October 14, 2011

Pembuatan BIOGAS dengan TABUNG tanam


Pembuatan Biogas

Saat ini biogas sangat banyak sekali dikembangkan dimana-mana.
Biogas merupakan energi alternatif, pengganti bahan bakar..Pembutan biogas tidak sesulit yang kita bayangkan, untuk pembuatannya pun tidak dibutuhkan dana yang besar..
Pada kesempatan ini kita akan membuat biogas dari kotoran ternak.
Untuk langkah-langkahnya kita buat seperti diwah ini:

1.Pembuatan Digester



Digester disebut juga dengan tabung pencemar.Digester ini berfungsi untuk tempat bahan organik atau tempat terjadinya proses pencernaan bahan organik oleh mikroba anerob.Digester harus tanpa oksigen.

Digester yang digunakan ditempatkan sebagian dalam tanah, hal ini dimaksudkan untuk menjaga temperatur tetap stabil sehingga tidak terjadi perubahan temperatur. Perubahan temperatur akan mengakibatkan bakteri yang terdapat dalam digester menjadi tidak optimal atau bahkan mati. Sedangkan penggunaan penampung gas secara floating drum yakni dimaksudkan agar dapat diamati produksi biogas yang dihasilkan, dengan dihitung kenaikan penampung gas yang diakibatkan oleh tekanan gas yang berada dalam penampung gas tersebut.

2.Water Trap



Water trap berguna untuk menangkap uap yang dihasilkan oleh digester agar aliran biogas tidak terhambat.dan berfungsi sebagai alat pengaman.


3.Gas Holder



Gas holder berfungsi untuk menampung gas yang dihasilkan oleh digester,yang disalurkan oleh pipa.Dalam kata lain gas holder adalah tabung penyimpan biogas yang telah jadi.














4.Pemanen Biogas
a.Kompor











b.Genset biogas
















SKETSA PEMBUATAN BIOGAS












No comments:

Post a Comment