------------------------------- ---------------------------------- ---------------------------------

Friday, October 28, 2011

Perlu Berikan Insentif Biogas

Kadin: Pemerintah Perlu Berikan Insentif Biogas PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 22 Februari 2011 08:50
Jakarta, Tambangnews.com.- Pemerintah perlu memberikan insentif dalam rangka upaya mengembangkan energi  biogas di Indonesia. Pemberian insentif ini diperlukan agar masyarakat dapat beralih ke energi alternatif.

     Hal tersebut dikemukakan Ketua Kamar Dagang Indonesia, Suryo Bambang Sulisto dalam acara Seminar Green Productivity di Jakarta, Senin, (21/2).

Suryo menekankan pengembangan biogas belum optimal dilakukan di Indonesia, karena penerapan energi ini masih bersifat proyek percontohan dan belum ada dukungan yang konkret dari pemerintah seperti kebijakan subsidi.

Hambatan lainnya yang dihadapi, menurutnya, adalah masih tingginya biaya pembuatan biogas bagi kalangan rumah tangga maupun usaha kecil menengah yang merupakan target utama dalam pengembangan biogas.

Ditegaskanya, sejak dikembangkan dari 20 tahun lalu, saat ini tercatat baru sebanyak 14 ribu unit alat pengembang biogas yang berada di Indonesia. “Kadin memiliki target untuk memasang sebanyak satu juta unit hingga tiga tahun mendatang,” ujarnya. (kominfo/EYV/rm)

No comments:

Post a Comment