------------------------------- ---------------------------------- ---------------------------------

Sunday, June 17, 2012

5 Pembangkit Listrik Teraneh di Dunia


5
Istimewa
PASBANGET.CO- Krisis energi sudah menjadi masalah global. Bahan bakar Fosil yang kian hari kian menipis. Harga minyak dunia pun makain mahal. Penemuan sumber energi alternatif akan menjadi kebutuhan mendesak. Berikut ini penemuan unik energi pembangkit listrik yang tak lazim:
1. Pembangkit listrik Tenaga Mayat
Karena Jera dengan Limbah merkuri dari sisa pembakaran mayat, sebuah krematorium di Inggris melakukan renovasi besar-besaran, dan hasilnya, pembakaran mayat yang sebelumnya meresahkan masyarakat kini dapat dimanfaatkan menjadi tenaga Listrik 250 Kwh atau setara dengan menyalakan 1500 unit televisi di rumah.
2. Pembangkit Listrik Tenaga Hewan
Jepang melakukan sebuah inovasi yang unik dan aneh. Mereka membuat pohon natal penuh lampu yang memakai tenaga listrik yang dihasilkan dari belut listrik untuk menyalahkan lampu-lampu tersebut. Caranya, mereka hanya menyiapkan aquarium yang memiliki elektroda (anoda dan katoda). Hasilnya, listrik tenaga hewan siap digunakan.
3. Pembangkit Listrik Tenaga Air Toilet
Jika seluruh penduduk bumi buang air di suatu tempat berapa juta ton kotoran bisa terkumpul? Jika kotoran ini dijadikan sebagai energi alaternatif pembangkit listrik maka berapa juta kilowatt daya listrik bisa dihasilkan?
Dari itulah muncul ide gila ciptaan oleh Tom Broadbent. Tom menciptakan tenaga listrik tenaga air buangan toilet yang dinamakan Hydro Power. Cara kerjanya adalah dengan memutar turbin dari hasil air dari toilet yang selanjutnya akan menghasilkan tenaga listrik pada generatornya. Sayang, Indonesia belum memanfaatkan.
4. Pembangkit Listrik Tenaga Petir
Yang satu ini harus menunggu petir datang dulu. Tidak berlaku pada saat musim kemarau. Logikanya bahwa petir mempunyai muatan (+), dan media yang digunakan harusnya bermuatan (-). Maka yang harus kita lakukan adalah membuat perangkat bermuatan negatif dan ditempatkan di tempat tinggi. Kalau berhasil maka pasokan listrik untuk satu bulan bisa terpenuhi karena satu sambaran petir saja menghasilkan satu juta kilowatt.
5. Pembangkit Listrik Tenaga Sampah
Korea Selatan telah membuat pembangkit listrik tenaga sampah (PLTS) terbesar di dunia dengan kapasitas 50 megawatt tepatnya di kota Incheon. PLTS tersebut dapat menyuplai listrik ke 180 ribu rumah tangga dan penghematan impor minyak Korsel sampai 500 ribu barel per tahun. Kapan Indonesia bisa melakukannya?
 

No comments:

Post a Comment