------------------------------- ---------------------------------- ---------------------------------

Tuesday, June 12, 2012

Air Sumber Energi Alternatif


Air Sumber Energi Alternatif

Kamis, 12 April 2012 - 22:54:51 WIB


Belakangan ini Indonesia sempat memanas, tepatnya akhir Maret lalu dimana pemerintah berencana akan menaikkan harga BBM pada awal April 2012. Banyak masyarakat yang menolak kebijakan pemerintah ini. Mahasiswa, buruh, bahkan hingga sebagian wakil rakyat dan kepala daerah juga ikut menolak kebijakan tersebut dengan ikut serta dalam aksi demo. Walaupun pada akhirnya harga BBM tidak jadi dinaikkan dalam waktu 6 bulan ke depan, namun cepat atau lambat waktu itu akan tiba.
Kondisi ini memaksa masyarakat untuk memikirkan energi alternatif pengganti BBM seiring semakin mahalnya harga minyak dunia. Kini perguruan-perguruan tinggi di Indonesia sedang berupaya menemukan bahan bakar alternatif pengganti BBM yang terbarukan dan ramah lingkungan. Diantaranya ada yang telah berhasil membuat alat yang dapat mengubah air menjadi bahan bakar. Alat ini diciptakan oleh mahasiswa UNAS(Universitas Nasional) Jakarta. Alat yang diberi nama Eco Power Buster ini mampu melakukan penghematan BBM 20-70 %. Misalnya 1 liter bensin dapat menempuh jarak 10 km, maka dengan alat ini kendaraan mampu menempuh jarak hingga 20 km, seperti yang dikatakan Kepala Laboratorium FTS UNAS, Eddy Arifin. Selain itu alat ini juga mampu meminimalkan emisi gas buang hasil pembakaran hingga 50%. Walaupun temuan ini tidak menggunakan 100% bahan bakar dari air namun alat ini mampu membantu menghemat penggunaan BBM.
Tak hanya UNAS, ITS pun juga telah menemukan alat yang dapat mengubah air menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan. Alat yang mulai dikembangkan sejak 2007 ini diberi nama Hydrogen Booster. Alat yang dihargai sebesar Rp 800.000,00 ini mampu menghemat BBM hingga 36%. Pada saat ini alat yang berukuran 15x20cm ini mampu mengubah 1 cc air menjadi bahan bakar yang dapat menempuh jarak hingga 70 km. Jadi jika diisi dengan air 1 liter maka akan mampu menempuh jarak hingga ribuan km. Walaupun riset sudah memasuki generasi ke-16, namun sejauh ini penelitian masih terus dikembangkan. Prinsip kerja kedua alat tersebut adalah sama, yakni menguraikan air manjadi komponen-komponen penyusunnya secara elektrolisis, yaitu H2 dan O2.
Dengan digunakannya air sebagai bahan bakar alternatif pengganti BBM, maka kita juga sekaligus telah ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan. Karena air merupakan energi terbarukan, maka jumlahnya di muka bumi ini tidak terbatas. Dengan digunakannya air sebagai bahan bakar, maka akan dapat mengurangi gas rumah kaca karena limbah dari pembakaran ini adalah O2. Bayangkan jika semua kendaraan di muka bumi semua menggunakan air sebagai bahan bakar maka lingkungan kita akan sejuk dan jauh dari pemanasan global. Untuk itu mari kita ikut kembangkan energi ramah lingkungan sebagai energi alternatif pengganti energy fosil.
 

No comments:

Post a Comment